EasyEngine Cara Cepat Dan Praktis Install Wordpress Di Server VPS

Sebagai seorang blogger, aktifitas menulis di blog adalah rutinitas. Banyak platform atau jenis aplikasi blog yang bisa dipakai. Misalnya Blogspot, Wordpress, Tumblr, dan lain-lain. Diantara banyak pilihan tersebut, bisa di bagi menjadi dua kategori. Yaitu yang berbayar dan gratis. Gratis itu bisa gratis semuanya, mulai dari nama domain, dan penyedia server. Layanan ini bisa didapat dari penyedia layanan blogging blogspot.com dan wordpress.com dan lainnya. Sedangkan untuk layanan berbayar kita bisa bebas memilih sesuai dengan budget kita. Kita bisa memilih memakai nama domain gratisan tetapi kita menggunakan server berbayar, atau bahkan menggunakan nama domain dan server berbayar yang akan menambah kesan keseriusan kita dalam menulis di blog.

Dalam membangun blog yang berbayar, kebanyakan menjatuhkan pilihan pada platform wordpress. Wordpress banyak digunakan karena mempunyai banyak kelebihan. Diantaranya adalah wordpres bisa diatur atau dicustom dengan mudah sesuai keinginan sendiri karena ditunjang dan dilengkapi dengan fasilitas plugin yang sangat banyak. Kita tinggal memilih dan meng-install plugin sesuai kebutuhan dan fungsi yang kita perlukan. Kemudian wordpress juga memungkinkan kita untuk merubah dan mengganti tema tampilan blog kita sesuai keinginan, dan lebih hebatnya kita akan dimanjakan dengan jutaan pilihan tema yang tersedia baik yang gratis ataupun berbayar. Yang lebih bagus lagi adalah wordpress dikembangkan oleh programer-programer handal serta didukung oleh komunitas dari seluruh dunia yang selalu melakukan update berkala sehingga keamanan dari blog dan server kita akan terjaga dari para penjahat dunia maya. 

Server atau tempat meletakkan blog wordpress kita pun bisa kita bedakan menjadi tiga kategori dasar, yaitu dedicated, semi dedicated dan shared. Nah VPS atau Virtual Private Server termasuk dalam kategori semi dedicated. Karena dalam 1 VPS bisa digunakan oleh satu orang saja atau bisa juga digunakan banyak orang sebagai server hosting sesuai konfigurasinya.
EasyEngine Cara Cepat Dan Praktis Install Wordpress Di Server VPS
EasyEngine


Selanjutnya kita masuk ke inti pembahasan tentang EasyEngine atau lebih sering disingkat dengan ee, dikembangkan oleh programer dari India. Untuk meng-install wordpress cukup dengan copy-paste beberapa perintah di console vps kemudian blog wordpress kita siap digunakan.

Apa yang perlu kita siapkan untuk install wordpress dengan EasyEngine ?

1. Server VPS dengan OS Ubuntu atau Debian. Karena EasyEngine hanya bisa digunakan dalam kedua OS tersebut.
2. Pengetahuan dasar-dasar VPS dan managemen, serta perintah-perintah dasar dalam operasi LINUX. 
3. Domain sudah diarahkan ke server VPS yang kita gunakan.
4. Console atau program untuk mengelola VPS kita, bisa menggunakan putty yang bisa di download di sini , kemudian install di PC atau laptop kamu.

Setelah beberapa hal diatas siap, sekarang kita lanjutkan dengan langkah-langkah install wordpress di VPS dengan easyengine. 

1. Buka/jalankan console putty, log in ke VPS dengan data yang diberikan oleh penyedia jasa VPS.

2. Setelah log in, ketik :
apt-get update
 untuk update VPS kamu, setelah selesai proses tersebut, kita lanjutkan dengan install EasyEngin-nya. 

3. Ketik :
wget -qO ee rt.cx/ee && sudo bash ee
Untuk install EasyEngine di VPS kamu.

4. Setelah EasyEngine terinstall, kita lanjutkan dengan install Wordpress ke VPS kamu, Ketik :
 sudo ee site create example.com --wp
Perintah diatas adalah untuk install wordpress, dimana example.com kamu ganti dengan domain kamu yang sudah diarahkan ke VPS. Setelah proses selesai di console putty akan tertera detail tentang blog wordpress kamu, jangan lupa untuk mencatat/menyimpan detail tersebut untuk mengelola blog kamu ( data login ).

Nah, cukup mudah kan install Wordpress dengan easyengine di vps? Ada beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan EasyEngine, 

Kelebihan :

1. Cepat dan Praktis.
2. Wordpress lebih ringan diakses karena menggunakan sumber daya VPS yang lebih sedikit.
3. Bisa Install banyak wordpress/blog dalam 1 VPS.

Kekurangan :

1. Berbayar ( Harus sewa VPS dengan harga yang lumayan :-) )
2. Harus tahu dan paham operasi dan perintah dasar Linux.

OK, kiranya cukup ya kita berbagi tentang install wordpress dengan easyengine di VPS. Semoga bisa membantu dan menginspirasi. Salam!

NB : 

Kalau mau belajar lebih tentang EasyEngine dan fiturnya bisa langsung aja ke situsnya EasyEngine

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "EasyEngine Cara Cepat Dan Praktis Install Wordpress Di Server VPS"

Posting Komentar